Laga Dua Tim Yang Lagi Terseok-Seok, Tira Persikabo Vs Persebaya Surabaya

Laga Dua Tim Yang Lagi Terseok-Seok, Tira Persikabo Vs Persebaya Surabaya

Isibola.com – Bogor, Puasa kemenangan masih terus melannda Tira Persikabo. Dari 11 laga terakhir, armada Rahmad Darmawan ini nihil tiga poin penuh. Banyak yang bertanya apa sebenarnya yang terjadi??

Mungkinkah jawabannya akan terkuak saat menjamu Persebaya Surabaya nanti sore, laga pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019 ini akan di gelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (9/11/2019), tim asuhan Rahmad Darmawan ingin menyudahi tren negatif tersebut.

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, menjelaskan Persebaya lebih diuntungkan dibanding timnya. Ini disebabkan tim berjulukan Bajul Ijo itu punya waktu istirahat yang lebih panjang. Dari tertundanya laga melawan PSM, skuat Persebaya memiliki waktu 11 hari jeda laga berikutnya.

Sementara Tira Persikabo, hanya punya waktu istirahat enam hari setelah kalah 0-2 dari Persija Jakarta, 3 November lalu.

“Sebenarnya Persebaya lebih diuntungkan dibandingkan kami. Pertama, dengan jeda istirahat yang panjang karena laga melawan PSM ditunda. Yang kedua, saya tidak tahu seperti apa hukuman akumulasi kartu yang mereka punya. Apakah gugur ataukah diteruskan dalam partai tunda itu. Partai tunda ini sangat menguntungkan tim itu dan menyulitkan kami,” ujar pelatih yang karib dipanggil RD ini.

“Sebagai contoh, partai tunda itu jika hukuman akumulasi kartu itu tidak diberikan maka sebenarnya ada potensi mereka mendapatkan kartu ketika menghadapi PSM menjadi tidak ada. Jadi hal-hal seperti ini yang sebetulnya sangat menguntungkan tim lawan.”

Baca Juga :  Dari Sore ke Pagi, Persebaya Surabaya Ubah Jadwal Latihan

Baca Juga : Kalah Telak 3-1 Dari Bhayangkara FC, Persipura Jayapura Gagal Gusur Madura United

“Tapi, tugas saya adalah mengembalikan performa tim secara keseluruhan agar mereka bisa bangkit lagi dari situasi yang kurang baik, walaupun secara performa terus menunjukan peningkatan. Hasil menjadi tolok ukur dari suatu pertandingan. Jadi itulah yang membuat kami semua berusaha sekuat tenaga,” kata RD.

Rahmad sendiri kehilangan sejumlah pemain pilar untuk melawan Persebaya nanti, seperti Manahati Lestusen dan Loris Arnaud yang cedera. Andy Setyo juga akan absen memperkuat Tira Persikabo karena dipanggil Timnas Indonesia U-22.

“Saya berharap ini menjadi momentum agar pemain bisa memberikan yang terbaik pada duel nanti sore. Dimulai dari proses awal yang baik. Kalau dimulai dari proses baik maka hasil pun akan baik. Pemain tidak boleh terbebani,” kata RD.

Hanya Bisa Berharap Bisa Pulang Bawa Poin

Laga ini menjadi pertemuan dua tim yang sedang krisis kemenangan. Jika Tira Persikabo sudah melewati 11 pertandingan, Persebaya masih lebih baik dengan enam laga tanpa mendapat tiga poin.

Baca Juga :  Houston Rockets Kalahkan Juara Bertahan di Scotiabank Arena

Namun, usaha Persebaya untuk bangkit akan lebih berat. Pasalnya, mereka datang ke markas Tira Persikabo dalam keadaan compang-camping. Tim berjulukan Bajul Ijo itu tidak membawa kekuatan penuh seperti yang sudah terjadi dalam tiga pertandingan sebelumnya.

Penjaga gawang Miswar Saputra dipastikan absen karena sakit. Kini, tersisa Imam Arief dan Abdul Rohim yang disiapkan untuk mengawal gawang dari gempuran pemain lawan.

Persebaya terancam tidak bisa menurunkan trisula andalan, yaitu David da Silva, Osvaldo Haay, dan Irfan Jaya. Khusus David, Persebaya membawa serta striker asal Brasil ini, tapi belum ada kepastian dia bisa tampil.

Osvaldo Haay masih sibuk dengan agenda pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22 arahan Indra Sjafri. Sementara Irfan Jaya ditinggal di Surabaya karena kondisinya masih belum memungkinan untuk bertanding.

Baca Juga : Mutiara Hitam Kembali Berjaya, Persipura Jayapura Siap Geser Posisi Madura United

“Semua pemain dalam kondisi bagus kecuali David karena sampai hari ini David belum berkumpul dengan tim. Tapi, kami akan lihat sampai Sabtu pagi,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

“Yang jelas menghadapi Tira Persikabo merupakan satu pertandingan yang cukup penting karena ini juga pertama kali saya menangani Persebaya,” ucap pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Baca Juga :  Gareth Bale Masih Memendam Keyakinanya Untuk Bersaing di Piala Eropa 2020

Dalam situasi sulit ini, Aji harus menjalani ujian di laga debut sebagai pelatih Persebaya. Dia wajib membawa Persebaya bangkit setelah melewati enam laga terakhir tanpa kemenangan saat ditunjuk pada Kamis (31/10/2019).

“Saya berharap pertandingan berjalan dengan baik dan kami mendapatkan poin. Saya perlu waktu lagi untuk bisa solid. Dalam beberapa hari terakhir ini, pemain sangat kondusif dan semangat cukup bagus. Kemauan pemain untuk segera bangkit juga sangat besar meski Persebaya dalam kondisi kurang ideal,” ucapnya.

Ditambah lagi, Persebaya juga harus tampil tanpa dukungan dari suporter fanatik, Bonek. Pasalnya, mereka mendapat hukuman setelah kerusuhan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019).

Prediksi Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-2-3-1): Angga Saputro (kiper); Vava Mario Yagalo, Zoubairou Garba, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu (belakang); Louise Parfait, Guntur Triaji, Roni Sugeng (tengah); Wawan Febrianto, Ciro Alves, Osas Saha (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persebaya (4-3-3): Imam Arief (kiper); Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Aryn Williams, Rendi Irwan (gelandang), Elisa Basna, Diogo Campos, Oktafianus Fernando (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *