Tanggapan Shin Tae-yong, Diminta Bulan Depan Kembali Ke Indonesia

Tanggapan Shin Tae-yong, Diminta Bulan Depan Kembali Ke Indonesia

Isibola – Jakarta, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dikabarkan meminta manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk kembali ke Tanah Air pada bulan depan. Namun, arsitek berusia 51 tahun tersebut meluruskan kabar yang sebenarnya.

Menurut Shin Tae-yong, PSSI bukan mengharapkannya kembali ke Indonesia pada Juli 2020. Melainkan, ketika pandemi virus corona di Indonesia telah terkendali.

“Kebijakan dari PSSI adalah melihat kondisi COVID-19 saat sudah stabil, baru mereka akan memanggil kami,” kata Shin Tae-yong kepada Hankyung yang mengutip Yonhap.

“Kami akan diminta kembali jika situasi dianggap sudah stabil. Saat ini semua asisten pelatih dalam kondisi yang aman,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong telah berada di Korea Selatan sejak April 2020. Pria kelahiran Gyeongbuk itu pulang bersama empat asistennya yaitu Kim Woo-jae, Gong Oh-kyun, Kim Hae-woon (pelatih kiper), dan Lee Jae-hong (pelatih fisik).

Belakangan, Shin Tae-yong mulai kembali sibuk dengan pekerjaannya. Ia membimbing Timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan (training centre) yang berlangsung secara virtual.

Baca Juga :  Semifinal Piala AFF2022: Indonesia Gagal menghindari Vietnam

TC ini dilaksanakan sebagai persiapan untuk Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan pada Oktober mendatang dan Piala Dunia U-20 2021 pada Mei tahun depan.

“Walaupun latihan kami remot dari jauh, kami intens meningkatkan kemampuan pemain dengan berlatih di rumah dan kami memantau kondisi fisik mereka,” ucap eks pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu.

Riwayat Shin Tae-yong 

Nama Shin Tae-yong menjadi akrab di telinga masyarakat Indonesia setelah dipercaya menukangi Timnas Indonesia pada pengujung 2019. Akan tetapi, rupanya pelatih asal Korea Selatan itu sudah lebih dulu memiliki rekam jejak gemilang jauh sebelum datang ke Tanah Air.

Bulan Depan

Semasa aktif bermain, Shin Tae-yong hanya membela dua klub yaitu Seongnam FC dan Queensland Roar FC. Sebagian besar karier pelatih kelahiran Yeongdeok, Gyeongbuk, 11 Oktober 1970 itu dihabiskan di Seongnam FC.

Melihat kontribusi yang diberikan, tak berlebihan menyebut Shin Tae-yong sebagai legenda Seongnam FC. Apalagi Shin Tae-yong berhasil meraih banyak penghargaan individu selama membela Seongnam FC, semisal pemain muda terbaik pada 1992, hingga top scorer K-League pada 1996.

Baca Juga :  Man United Lolos ke Perempat Final Carabao Cup

Kegemilangan Shin Tae-yong bersama Seongnam FC terdengar hingga Australia. Pada 2005, Queensland Roar FC berhasil mendatangkan Shin Tae-yong yang ketika itu berusia 35 tahun.

Namun, kariernya sebagai pemain Queensland Roar tak berlangsung lama dan Shin Tae-yong hanya memainkan satu laga kemudian pensiun di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *