3 Kiper di Liga Inggris yang Pernah Mencetak Gol Jarak Jauh

Isibola – Jakarta, Dalam sepak bola urusan mencetak gol menjadi tugas semua pemain. Bukan hanya penyerang, berikut kami akan membahas kiper yang berhasil mencetak gol jarak jauh pada Liga Inggris.

Biasanya pada kesempatan bola mati, kiper akan masuk ke kotak penalti untuk mencari gol. Bahkan ada kiper yang mahir mengeksekusi bola mati seperti, Rogerio Ceni. Kiper asal Brasil yang sepanjang karirnya membela Sao Paulo telah menyumbang 55 gol yang kebanyakan berasal dari tendangan bebas dan penalti.

Namun, bagaimana bila gol yang dibuat oleh kiper berasal dari tendangan gawang yang sangat jauh?

Di Liga Inggris, fenomena tersebut sudah beberapa kali terjadi. Banyak kiper-kiper yang tanpa sengaja menendang bola dari area gawangnya hingga masuk ke gawang lawan. Ada yang faktor keberuntungan, ada juga yang punya kemampuan menendang dengan akurasi tinggi.

Berikut tiga kiper Liga Inggris yang pernah mencetak gol dari jarak sangat jauh:

Paul Robinson (Tottenham Hotspur, 88 meter)

Liga Inggris 2006/2007, merupakan momen manis bagi kiper Tottenham Hotspur, Paul Robinson. Tepat pada (17/3/2007), laga Tottenham Hotspur kontra Watford menjadi saksi atas gol spektakuler dari kaki Robinson dari jarak 88 meter.

Bertanding di hadapan 36.000 pendukung di White Hart Lane, The Lilywhites unggul lebih dulu lewat aksi Jermaine Jenas. Lalu, pada menit ke-63, Spurs mendapat kesempatan tendangan bebas di area pertahanan. Robinson yang menjadi eksekutor karena jarak tendangan tidak jauh dari gawangnya, menendang bola dengan keras ke arah depan.

Baca Juga :  Kapten Real Madrid Dukung Bek Liverpool Raih Ballon d’Or

Namun, siapa sangka, bola sepakan kiper veteran Inggris itu mengalir deras melewati pertahanan Watford dan mendarat mulus di gawang Ben Foster. Kiper Watford, Foster yang berencana menghentikan laju bola terkecoh oleh pergerakan bola yang sempat memantul tanah. Alhasil, ia hanya terdiam menyaksikan bola melewati atas kepalanya.

Setelah gol tersebut Spurs berhasil menambah pundi-pundi gol lewat aksi Hossam Ghaly pada menit ke-85. Watford sempat memperkecil kedudukan menjadi 3-1 usai Darius Henderson cetak gol.

Asmir Begovic (Stoke City, 91,9 meter)

Sebuah rekor berhasil diciptakan Asmir Begovic di Liga Inggris 2013/2014. Kejadian tersebut terjadi pada (2/11/2013). Begovic membuka keunggulan Stoke City atas Southampton lewat gol ajaib dari jarak yang sangat jauh.

Ketika laga baru berjalan 13 detik, Stoke yang masih mencari cela bermain di area pertahanan. Untuk membongkar pertahanan Southampton, pemain belakang Stoke memberi umpan back pass kepada Begovic. Penjaga gawang asal Bosnia Herzegovina itu, langsung menendang bola dengan keras ke area pertahanan The Saints yang tidak bisa dikejar penyerang Stoke.

Pemain belakang The Saints yang mengira tidak ada ancaman memberikan ruang untuk sang kiper, Artur Boruc mengamankan bola. Namun, Boruc terkejut melihat bola yang memantul tanah sehingga melewati dirinya. Alhasil, Boruc mati langkah dan tak mampu mengejar laju bola.

Baca Juga :  Prediksi Serie A: Benevento vs Juventus, Tidak Mau Kehilangan Poin

Alhasil, pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 1-1. Namun, gol dari jarak 91,9 meter yang dibuat Begovic dari gawangnya ke gawang lawan meraih penghargaan dari Guinness Book of World Records. Meski begitu, Begovic tetap menilai gol ajaib itu datang karena faktor keberungtungan saja.

“Gol itu keren, tetapi itu adalah sebuah keberuntungan. Aku bersimpati untuk Boruc. Bola sepakan jarak jauh itu terkena pengaruh angin dan memantul,” ujar Begovic seperti yang dilansir BBC Sport.

“Gol itu tidak memberi citra yang bagus untuk kiper. Setelah itu, aku tidak ingin merayakannya karena menghormati Boruc.” tutup Begovic.

Tim Howard (Everton, 95 meter)

Liga Inggris 2011/2012, laga antara Everton melawan Bolton Wonderers membuat decak kagum penonton lewat aksi dari Tim Howard. Kiper Everton itu, berhasil mencetak gol spektakuler ke gawang Bolton yang dikawal Adam Bogdan ketika timnya kalah di Goodison Park, pada (5/1/2012).

Aksi brilian Howard terjadi pada menit ke-62. Pemain belakang Everton yang terus menerus ditekan penyerang Bolton memberikan umpan back pass kepada Howard. Tanpa pikir panjang Howard langsung membuang bola dengan keras ke arah kotak penalti Bolton. Bola yang melambung tinggi melewati para penyerang Everton dan barisan pertahanan Bolton.

Baca Juga :  Sudah Tes Medis Tiba-Tiba Gabung Real Sociedad, Lazio Di-ghosting David Silva

Bogdan yang berlari ke depan untuk menghentikan laju bola dibuat terperangah. Tanpa disangka bola yang terdorong oleh bantuan angin kencang, memantul lebih dulu ke tanah, dan melewati Bogdan yang tak sanggup menggapainya. Bola pun masuk ke gawang Bolton dari jarak 95 meter.

“Itu bukan perasaan yang enak untuk seorang kiper. Itu sejatinya sungguh menyakitkan. Saya pikir angin adalah kondisi tersulit untuk dimainkan. Salju, hujan, panas itu tak masalah, namun angin sungguh menyulitkan,” ujar Howard atas gol jarak jauhnya.

“Saya ingin Bogdan tahu jika saya merasakan apa yang ia rasakan. Itu tak mengenakkan, dan itulah sebabnya saya tak melakukan selebrasi.” lanjut kiper yang sempat membela Manchester United musim 2003-2007.

Gol ajaib kiper asal Amerika Serikat itu, gagal membawa kegembiraan bagi publik Goodison Park. Di akhir laga, skuat asuhan David Moyes harus mengakui keunggulan tim tamu setelah terkena comeback. Bolton sukses mencuri poin dengan kemenangan 1-2 melalui gol David Ngog dan Tim Cahill di 20 menit menjelang laga berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *