Sprint Race pada MotoGP Buat Heboh Dunia Motosport

Sprint Race pada MotoGP Buat Heboh Dunia Motosport

Jakarta, MotoGP sebagai kejuaraan balap motor kelas tertinggi dunia. Membuat keputusan terbaru dengan menambahkan sprint race pada setiap serinya di musim 2023. Keputusan tersebut tentu saja membuat heboh dunia motorsport.

Sprint Race buat heboh dunia motorsport

Musim 2023 ini terdapat total 21 seri balapan. Yang berarti para pembalap harus menjalani sebanyak 42 balapan.  Sprint race pada MotoGP ini dinilai terlalu ekstem. Walaupun WorldSBK telah berlakukannya sejak 2019 dan pada Formula 1 sejak 2021. Namun pada World SBK 2023 hanya menggelar 13 seri. Seta F1 hanya lakukan 6 sprint race dari total 24 seri musim 2023.

Pemegang hak komersil MotoGP, Dorna Sports terlihat tidak memperdulikan kritikan yang masuk. Dan keputusan ini telah bulat, serta tidak akan ada perombakan secara besar-besaran lagi untuk perubahan format.

Walaupun terdapat kritikan yang berbunyi, jumlah seri balapan MotoGP yang terlalu banyak, akan menjadi  tambahan beban fisik serta mental para pembalap. Karene sudak diketahui secara umum. Klau MotoGP dikenal merupakan ajang balap motor yang sangat menuntuk fisik pembalap, Oleh karena tenaga mesin yang besar serta kecepatan laju motor yang sangat tinggi.

Baca Juga :  Yamaha Beri Peringatan pada Anak Didik Valentino Rossi, Franco Morbidelli

Hal utama yang terimbas perombakan dari penambahan seri pendek balapan tersebut adalah posisi start yang di tentukan oleh hasil kualifikasi, serta hasil dari sprint race tidak akan pengaruhi posisi start pada main race. Serta durasinya hanya setengah dari balapan main race.

Point yang diberikan pada 9 pembalap terdepan saja. Beda dengan point pada mainrace hanya diberikan pada 15 pembalap terdepan. Dan nilai point juga setengah dari main race.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *