Kickoff El Clasico, Barcelona Lebih Diuntungkan

Kickoff El Clasico, Barcelona Lebih Diuntungkan

Isibola.com jakarta – Barcelona dinilai menjadi pihak yang lebih diuntungkan terkait jadwal kickoff El Clasico pada 18 Desember mendatang.

Dilansir dari Marca, laga El Clasico akan dimainkan pada Selasa (17/12/2019) pukul 20.00 waktu Spanyol atau Rabu (18/12/2019) 02.00 dini hari WIB.

Dengan ditetapkannya jadwal tersebut, maka Real Madrid akan menghadapi Barcelona dengan waktu istirahat kurang dari 29 jam dari laga sebelumnya.

Pada hari Minggu-nya, Real Madrid dijadwalkan akan bertandang ke markas Valencia dan bertanding pukul 21.00 waktu Spanyol atau 03.00 dini hari WIB. Sementara itu, Barcelona punya waktu istirahat lebih lama.

Sebab, El Barca akan bertandang di markas Real Sociedad pada Sabtu pukul 16.00 waktu Spanyol atau 22.00 WIB. Sebelum itu, Barcelona memiliki pertandingan terakhir grup di Liga Champions pada hari Selasa, dan Real Madrid memiliki pertandingan terakhir pada hari Rabu.
Jadwal El Clasico harus dipindah dari tanggal 26 Oktober karena situasi keamanan Catalunya yang dinilai rawan pasca-vonis terhadap belasan pemimpin gerakan separatis pada awal Oktober lalu.

Baca Juga :  Prediksi Liga Europa: Sparta Praha Vs AC Milan, Target Juara Grup

Baca Juga: Bek Manchester United Merindukan Jose Mourinho

Pada awalnya, pihak La Liga mengusulkan agar lokasi pertandingan ditukar menjadi di kandang Real Madrid lebih dulu. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh Barcelona.

Pemilihan tanggal 18 Desember sempat mendapat keberatan dari La Liga karena mengganggu jadwal Copa del Rey.

Belum lama ini, laporan surat kabar El Mundo menyebut jika tetap digelar pada 26 Oktober, maka laga El Clasico bisa kacau.

Pasalnya, kelompok separatis Catalunya, Committee for the Defence of the Republic (CDR), diketahui sudah merencakan ingin melakukan sabotase. Cara yang akan dilakukan adalah menutup semua akses jalan yang akan dilalui Real Madrid dari hotel menuju stadion, dan juga memutus sinyal televisi dari Camp Nou.

Mantan Presiden Barcelona, Joan Laporta, menuduh bahwa penundaan laga El Clasico disebabkan oleh klub yang pernah dia pimpin itu.

Dilansir dari Marca, Laporta menuding kesalahan ada pada pihak Barcelona. Pasalnya, pertandingan sengit antara kedua klub raksasa itu bisa saja berlangsung sesuai jadwal karena Real Madrid bersedia untuk tetap bermain.

Baca Juga :  Hasil Undian Grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Sayangnya, Barcelona tidak mengiyakan dan memilih laga El Clasico itu dibatalkan. “Saya pikir pertandingan ini harus dimainkan (sesuai jadwal), mereka tidak memberikan keadaan luar biasa untuk mengubah tanggal,” kata Laporta dikutip Marca.

Baca Juga: Kisah Lionel Messi: ‘Leonel Mecci’ Yang Hampir Gabung Timnas Spanyol

“(Barcelona) salah karena mereka mengkriminalisasi gerakan dan mengedepankan politik daripada pertandingan sepak bola yang selalu memiliki konotasi politik. Selalu seperti ini,” tambah dia.

Menurut Laporta, soal keamanan seharusnya menjadi hal yang tak perlu diragukan lagi karena laga El Clasico sudah sering terjadi.

Keselamatan selalu dijamin dalam pertandingan-pertandingan ini,” ujar presiden Barcelona dari tahun 2003 hingga 2014 ini.

“Barcelona sudah merencanakan (keamanan) dan Real Madrid tidak keberatan dengan itu,” kata dia lagi.

“La Liga memiliki kepentingan politik untuk memperbesar situasi tertentu dan membesar-besarkan apa yang terjadi. Ini adalah cara terburuk untuk melewatinya.”

Barcelona bersalah dalam situasi ini. Orang-orang dikriminalisasi dan ini adalah kesalahan,” tutur dia menambahkan.

Baca Juga :  Agen Ungkap Ketertarikan Barca Pada Lindelof

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *