PT LIB Ungkap Besaran Investasi VAR Di Liga 1, Lebih Dari RP100 Miliar

PT LIB Ungkap Besaran Investasi VAR Di Liga 1, Lebih Dari RP100 Miliar

Direktur Bisnis PT Liga Indonesia Baru (LIB) Budiman Dalimunthe mengungkapkan, investasi Video Assistant Referee (VAR) pada Liga 1 menelan dana yang fantastis. Disebutkan, besaran dana yang dikucurkan untuk teknologi itu mencapai Rp100 miliar lebih.

“Sudah disampaikan sebenarnya, angkanya sekian. Tapi karena sudah disebutkan, ya okelah, 100 lebih angkanya, bukan rupiah tapi juta dolar (Rp100 miliar lebih). Investasi kami untuk sepak bola tidak main-main,” kata Budiman di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Public Relations PT LIB Sabina Katya menyebut VAR yang saat ini disiapkan berjumlah 15. Dari 15 VAR itu, 12 di antaranya akan ditempatkan di dalam ruangan bergerak.

Artinya hanya tiga VAR yang memiliki Video Operational Room (VOR) di dalam stadion. Rekomendasi tiga VOR itu ada di Bali, Solo, dan Bandung. Namun hal ini belum ditetapkan.

Budiman juga memastikan bahwa PT LIB memboyong VAR untuk menjadi hak milik, bukan meminjam. “Pasti milik kami atau PSSI kecuali LED. Kalau LED itu yang punya klub,” ucap Budiman.

Baca Juga :  Timnas Indonesia U-19 Ditantang Sejumlah Klub Sukses di Kroasia

“Jadi sekarang sudah ke tahap dua [pelatihan VAR]. Jadi wasit, asisten wasit, juga RO yang terkurasi itu akan dibekali pelatihan lagi. Selanjutnya akan ada simulasi, itu Januari,” kata Sabina.

“Itu akan diaplikasikan setelah Piala Asia. Kita sekarang ada 15 VAR, 12-nya itu mobile, tiganya itu mungkin akan di Solo, Bali, dan Bandung. Itu masih kemungkinan,” ujarnya.

Untuk wasit VAR sendiri, tidak menutup kemungkinan berasal dari luar negeri. Pasalnya, saat ini belum ada wasit Indonesia yang memiliki lisensi VAR. Itu terbukti saat Piala Dunia U-17 2023 lalu.

Meski begitu, PT LIB dan PSSI mengupayakan agar wasit Indonesia bisa dapat lisensi VAR. Mereka harus memenuhi kriteria yang ditetapkan FIFA. Alhasil, pelatihan pun masih digodok sampai sekarang.

Saat ini, PT LIB terus menggelar pelatihan VAR yang telah memasuki tahap kedua pada 4-19 Desember 2023 di Jakarta.

“Kegiatan ini diikuti 18 wasit, 36 asisten wasit, dan 16 replay operator. Acara ini merupakan agenda lanjutan dari VAR training tahap satu untuk Replay Operator yang digelar November 2023,” tulis PT LIB dalam akun Instagramnya, @pt_lib, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga :  Premier League : Ada Tiga Kesalahan Keputusan VAR pada Lage Pekan ke-34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *