Kalahkan Nigeria, Pantai Gading Jadi Juara Piala Afrika

Kalahkan Nigeria, Pantai Gading Jadi Juara Piala Afrika

Final Piala Afrika 2023 mempertemukan Nigeria versus Pantai Gading. Les Elephants keluar sebagai juara sesudah menang comeback 2-1.

Final Piala Afrika 2023 berlangsung pada Senin (12/2/2024) pukul 03.00 WIB dini hari. Pertandingan tersaji di Olympic Stadium of Ebimpe, Abidjan.

Kedua tim menurunkan skuad terbaiknya. Menariknya, kedua team juga sempat berjumpa di fase group yang saat itu dimenangkan oleh Nigeria dengan skor akhir 1-0 di Group A.

Nigeria berhasil unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol William Troost-Ekong. Sang kapten menanduk bola dari situasi sepak pojok pada menit ke-38.

Tertinggal 1 gol, Pantai Gading terus coba menekan di babak ke-2 . Pada 15 menit awal babak ke-2 , Pantai Gading masih kesusahan menggetarkan gawang Nigeria.

Usaha Pantai Gading untuk mencetak gol akhirnya berbuah pada menit ke-62. Bermula dari tendangan sudut yang dilepaskan oleh Simon Adingra ke tiang jauh, Franck Kessie berada di posisi yang pas untuk menyundul bola.

Franck Kessie melakukan tandukan keras. Bola terlebih dahulu memantul ke lapangan dan tidak bisa dibendung oleh penjaga gawang Nigeria, Stanley Nwabali.

Baca Juga :  Dejan/Gloria Juara Syed Modi India International 2023

Gol dari Franck Kessie semakin meningkatkan kepercayaan diri para pemain. Suporter Pantai Gading makin semangat meneriakkan dukungan.

Pantai Gading akhirnya bisa berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-81. Gol Pantai Gading diciptakan oleh Sebastian Haller. Adingra kembali menjadi sosok kunci dibalik gol ini. Umpan silang yang dilepaskan oleh Adingra bisa diteruskan Haller menjadi gol.

Skor 2-1 sukses dipertahankan oleh Pantai Gading sampai akhir pertandingan. Haller dan kawan-kawan resmi menjadi juara Piala Afrika.

Susunan Pemain

Nigeria (3-4-2-1)

Stanley Nwabali; Semi Ajayi, William Troost-Ekong, Calvin Bassey; Ola Aina, Frank Onyeka, Alex Iwobi, Zaidu Sanusi; Samuel Chukwueze (Moses Simon 56), Ademola Lookman; Victor Osimhen

Pantai Gading (4-3-3)

Yahia Fofana; Serge Aurier (Wilfried Singo 70), Odilon Kossounou, Evan Ndicka, Ghislain Konan; Franck Kessie, Jean Michael Seri (Lazare Amani 90), Seko Fofana (Ibrahim Sangare 88); Max Gradel, Sebatien Haller (Jean Philippe Krasso, Simon Adingra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *