Harry Gregg Mantan Kiper MU, Pahlawan Tragedi Pesawat Munich Tutup Usia

Harry Gregg Mantan Kiper MU, Pahlawan Tragedi Pesawat Munich Tutup Usia

IsiBola– Manchester,  Harry Gregg, mantan kiper dan sekaligus pahlawan kecelakaan pada pesawat udara Munich, meninggal Senin (17/02/2020) waktu setempat.

Seperti dilansir The Sun, Gregg meninggal pada usia 87. Semasa hidupnya, Gregg didatangkan dari  Doncaster dan  memperkuat MU dalam 247 laga pada tahun 1957-1966.

Berita sedih itu disampaikan oleh The Harry Gregg Foundation. ” Dengan kesedihan yang sangat mendalam kami ingin menyampaikan kepergian legenda Manchester United (MU) dan Irlandia Utara, Harry Gregg.”

” Gregg meninggal dengan tenang di rumah sakit dikelilingi keluarganya,” tulis yayasan.

Melalui pernyataan ini, The Harry Gregg Foundation juga mewakili keluarga untuk menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua staf rumah sakit yang telah berjuang untuk merawat Gregg sejauh ini. Sebelum meninggal, Gregg telah dirawat selama beberapa minggu di Rumah Sakit Causeway.

Gregg adalah salah satu kipper termahal  yang pernah didatangkan Manchester United di Old Trafford. Ia dibawa dari Doncaster pada tahun 1956 dengan nilai sebesar 23.000 pound.

Harry Gregg

Selama memperkuat MU, Gregg tidak pernah memenangkan trofi apapun. Namun demikian namanya tidak akan pernah terlupakan dan tetap menjadi pahlawan bagi The Red Devils. Gregg adalah pahlawan yang menyelamatkan banyak orang ketika peristiwa kecelakaan pesawat menimpa Manchester United di Munich, Jerman, pada tahun 1958. Kejadian ini juga dikenal sebagai tragedi Munich.

Baca Juga :  Jurgen Klopp Melontarkan Pujian Kepada Diogo Jota, Cetak Gol Debut di Anfield

Kecelakaan bermula saat MU hendak pulang setelah menghadapi  Red Star Belgrade pada tanggal 6 Februari 1958. Pada saat itu, tim Setan Merah sangat mencolok dan sering dijuluki Busby Babes.

Tim Red Devils kemudian meninggalkan Munich dari bandara Munich-Riem. Tapi pesawat yang mereka tumpangi tidak pernah mencapai tujuan karena kecelakaan setelah gagal take off dari landasan pacu yang licin karena salju.

Gregg berhasil keluar dari pesawat yang terbakar. Tapi beliau  bukannya menyelamatkan dirinya sendiri, ia justru kembali untuk menyelamatkan teman-temannya. Dia mulai mengeluarkan satu per satu penumpang yang ditemuinya. Mulai dari wanita diplomat Rusia yang sedang hamil Vera Lukic dan putrinya, Vesna.

Kemudian dia kembali lagi untuk menolong pasangan Chalrton dan Viollet yang cedera. Setelah itu, Gregg juga menarik keluar manajernya Matt Busby dan rekan senegaranya, Jackie Blanchflower.

Insiden itu menewaskan 23 orang, termasuk sejumlah pemain Manchester United seperti Duncan Edwards, Roger Byrne, Geoff Bent, Eddie Colman, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor dan Billy Whelan.

Baca Juga :  Solskjaer Punya Trik dan Kiat Khusus Untuk Bangkitkan Kehebatan Anthony Martial

Saat ini, Charlton (82) menjadi satu-satunya yang selamat bertahan hidup tragedi Munich. (Ads-h)

bbet99

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *