Puluhan pemain Dipanggil Shin Tae-yong Untuk Agenda Pemusatan Latihan

Isibola – Jakarta, Puluhan pemain akhirnya dipanggil oleh pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk agenda pemusatan latihan. Sebanyak 29 pemain untuk level senior sudah mulai berdatangan ke Jakarta untuk memulai agenda TC pada Sabtu (25/7/2020).

Mayoritas yang dipanggil kali ini adalah wajah-wajah lama yang selalu menjadi langganan di Timnas Indonesia. Akan tetapi secara mengejutkan ada sejumlah pemain yang akan menjalani kesempatan pertamanya berseragam Merah-putih.

Ada beberapa pemain debutan yang berkesempatan membela Garuda kali ini. Di antaranya Asep Berlian (Madura United), Kushedya Hari Yudo (Arema FC), Arif Satria (Persebaya), I Kadek Agung (Bali United), hingga Miswar Saputra (PSM Makassar).

Pelatih asal Solo, Kas Hartadi, memiliki penilaian terhadap skuad Timnas Indonesia kali ini. Kas Hartadi menilai langkah Shin Tae-yong ini positif dan berani.

“Sebagian yang baru dipanggil ini punya karakter pekerja keras mainnya. Barangkali yang dicari orang Korea mungkin yang seperti itu, ada Asep Berlian dan Kushedya Hari Yudo,” terang eks pelatih Sriwijaya FC.

Saatnya Anak Muda Beraksi

Dalam skuat pemain Timnas Indonesia senior yang dipanggil Shin Tae-yong kali ini, terdapat beberal wajah lama yang tidak masuk daftar. Mereka adalah Andritany Ardhiyasa, Stefano Lilipaly, Alberto Goncalves, dan Yanto Basna.

Baca Juga :  Arsenal Tawar Dani Ceballos Rp470 Miliar, Real Madrid Minta Lebih Mahal

Kas Hartadi menilai, ada baiknya pemain-pemain yang sudah punya nama besar untuk sementara diistirahatkan terlebih dahulu. Contohnya, Beto Goncalves yang secara usia tidak lagi muda, sehingga tidak ada salahnya menjajal pemain yang lebih muda dan bertenaga.

“Pemain berlabel bintang-bintang perlu diistirahatkan dulu, bisa memberikan kesempatan pemain lain. Sekali lagi mungkin mencari karakter atau tipe pemain yang ngeyel. Saya kira postif untuk pemanggilan pemain kali ini,” jelas Kas Hartadi.

Darah Muda

Shin Tae-yong begitu gemar dengan darah muda. Timnas Indonesia disulapnya menjadi skuad dengan mayoritas pemain berwajah segar.

Namanya boleh memakai label Timnas Indonesia level senior. Namun, penghuinya adalah muka-muka Anak Baru Gede (ABG) yang penuh semangat.

Bayangkan, dari 29 pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia di Jakarta, hanya tujuh pemain yang berusia kepala tiga!

Pemain paling senior di skuad Timnas Indonesia saat ini ialah Ilija Spasojevic. Itu pun, penyerang Bali United tersebut tidak uzur-uzur amat. Spaso, panggilannya, masih berumur 32 tahun.

Baca Juga :  El Clasico Resmi Ditunda, Zinedine Zidane Hanya Bisa Pasrah

Total, Shin Tae-yong memboyong 14 pemain berusia di bawah 23 tahun ke TC Timnas Indonesia level senior. Lima di antaranya berstatus wajah termuda.

Ada Muhammad Riyandi, Egy Maulana Vikri, Koko Ari Araya, Rachmat Irianto, dan Asnawi Mangkualam. Mereka baru berusia 20 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *